Antisipasi Terjadinya Kebakaran di Musim Kemarau, PPBK Satpol PP Malang Beri Tips Mudah Berikut!

Foto: Istimewa

 

Kepala Seksi Badan Pencegahan dan Penanggulangan Bahaya Kebakaran (PPBK) Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Malang, Agus Suyanto, memberikan tips mudah untuk mencegah terjadinya kebakaran.

Pada musim kemarau ini, Kabupaten Malang memang sering terjadi insiden kebakaran yang melalap rumah-rumah.

Untuk itu, Agus Suyanto berharap masyarakat wilayah Kabupaten Malang melakukan pencegahan terjadinya kebakaran dengan tips yang diberikan.

Hal pertama untuk mencegah terjadinya kebakaran yaitu dengan tidak membakar sampah di dekat permukiman.

Sebab, api dari pembakaran sampah dapat merembet ke pemukiman jika terkena angin pada musim kemarau.

“Musim kemarau dan angin kecang banyak memicu terjadi kebakaran. Seperti masyarakat kalau membakar sampah jangan sampai ditinggal begitu saja saat api sudah membesar. Petani tebu juga jangan membakar daun tebu kering, apalagi dekat pemukiman warga,” ujar Agus, Senin (8/10/2018).

Kemudian, tips kedua ditujukan kepada para perokok yang kerap membuang puntung rokoknya.

Agus Suyanto mengimbau kepada perokok untuk tidak membuang puntung rokok sembarang karena dapat memicu timbulnya kebakaran.

“Kepada masyarakat yang perokok, mohon jangan sampai buang putung rokok yang masih menyala disembarang tempat alias asal lempar. Apalagi dekat daerah lahan tebu atau daun kering pohon bambu,” imbau dia.

Agus juga memberikan imbauan kepada masyarakat untuk selalu disiplin agar kejadian kebakaran di Kecamatan Jabung tidak terulang lagi.

“Jangan teledor apalagi soal listrik. Perhatikan pemasangan kabel listrik pilih kualitas dan ukurannya. Jangan banyak cabang yang menimbulkan kabel panas akhirnya bisa terjadi konsleting” pesannya.

Agus menambahkan mencegah kebakaran itu mudah, karena menurutnya lebih baik mencegah kebakaran daripada memadamkan kebakaran.

“Lebih baik mencegah kebakaran dari pada memadamkan, marilah kita bersama-sama saling menjaga dan peduli terhadap alam lingkungan sekitar kita,” pungkasnya.

Source :

tribunnews

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


two + nine =