Gempa Magnitudo 5,9 Guncang Haiti, 10 Orang Tewas

Foto: The Insigh Global

 

Gempa melanda bagian utara Haiti pada Sabtu 6 Oktober 2018 malam waktu setempat. Pihak berwenang mengatakan bahwa sedikitnya 10 orang tewas akibat lindu tersebut.

Sepeti dikutip dari BBC, Minggu (7/10/2018), gempa berkekuatan magnitudo 5,9 itu adalah salah satu yang paling kuat mengguncang negara Karibia, sejak lindu besar pada tahun 2010 dengan korban tewas hingga lebih dari 200.000 orang.

Dalam lindu kali ini, beberapa gedung dilaporkan telah hancur. Presiden Jovenel Moise telah mendesak orang untuk tetap tenang.

Juru bicara pemerintah Eddy Jackson Alexis mengatakan satuan tugas tanggap bencana telah dibentuk.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan episentrum gempa berada sekitar 19km (12 mil) barat laut kota Port-de-Paix.

Belakangan, para ilmuwan menemukan sesuatu yang tak disangka-sangka. Gempa Haiti ternyata disebabkan oleh patahan (fault) yang belum pernah dipetakan. Bukan patahan Enriquillo — seperti yang dikira sebelumnya.

Menurut laporan CNN, dua gempa susulan kecil juga terasa tak lama lindu besar mengguncang. Badai Survei Geologi AS (USGS) mengatakan pusat gempa itu sekitar 11 mil barat laut kota Port-de-Paix, pada kedalaman hanya 7,2 mil.

“Sejauh ini tak ada peringatan tsunami yang berlaku setelah gempa yang dirasakan di seluruh negeri,” kata lembaga perlindungan sipil Haiti.

Badan itu juga mengatakan kerusakan dan korban cedera akibat gempa terkini itu sebagian besar terkonsentrasi di wilayah barat laut pulau itu, tempat dua gempa susulan kecil juga dirasakan. Mereka yang terluka telah dirawat di sejumlah rumah sakit.

Jumlah Korban Simpang Siur

Source :

liputan6

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


19 − 3 =