Terapkan Salibu, Buleleng Sukses Panen Raya

Image : Trubus

 

Untuk pertama kalinya, Kelompok Tani Subak Telu, Desa Bengkel, Busungbiu, Buleleng, di Bali sukses panen raya lantaran menerapkan teknik salibu, sistem tanam padi sekali dengan panen berkali-kali dari bibit yang sama.

Kepala Bidang Produksi Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Bali, I Wayan Sunarta mengatakan para petani ini menggunakan paket lengkap teknologi salibu dari PT Prima Agro Tech yang berlandaskan agro-biotechnology untuk setiap produknya. Adapun paket produk yang digunakan dalah Decohumat, Oriza Plus, Metarizep, BT Plus, Kalsika, dan Humatop.

“Teknologi salibu yang baru pertama kali diterapkan di Buleleng ini merupakan program pemerintah yang berasal dari APBN 2017. Tujuannya meningkatkan Indeks Pertanaman (IP) padi,” ujar I Wayan Sunarta di Buleleng, Jumat (12/1).

Budidaya padi salibu merupakan inovasi teknologi untuk memacu produktivitas atau peningkatan produksi. Ada beberapa faktor yang berpengaruh, seperti tinggi pemotongan batang sisa panen, varietas, kondisi air tanah setelah panen, dan pemupukan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


16 + 6 =